Cara Hemat Listrik Pulsa Prabayar dan Meteran Listrik Pasca Bayar

Kenaikan tarif dasar listrik di masa sekarang ini menjadikan kita sedikit pusing dalam memanage pemakaian listrik di rumah. Apalagi saat ini barang-barang rumah tangga banyak yang menggunakan listrik. Kecenderungannya, biaya listrik yang harus kita keluarkan akan terus melonjak. Dan dengan sistem pulsa token yang diterapkan oleh PLN saat ini kita pun harus siap dan waspada untuk terus memantau sisa pulsa  yang ada, hingga jangan sampai listrik tiba-tiba habis dan semuanya akan mati. Cara menghemat listrik terutama listrik rumah dengan pulsa prabayar? Bagi yang baru mempunyai rumah ataupun mengganti meteran listrik dengan jenis prabayar tentunya merasakan perbedaan yang cukup signifikan. Memang dengan sistem prabayar tentunya lebih aman dari kebakaran, PLN juga gampang untuk monitoring dan pelanggan pun tinggal beli pulsa listrik tanpa takut kode yang diberikan bakal tertukar dengan nomer PLN lain. Ada satu masalah di mana ternyata listrik prabayar bisa lebih boros dibandingkan meteran listrik yang lama. Mungkin karena pelanggan listrik lama yang biasanya hanya 450 – 900 watt yang masih disubsidi pemerintah, untuk pelanggan listrik prabayar yang menggunakan pulsa sudah tidak ada lagi subsidi. Listrik prabayar pun ternyata minimal kategori 1300 watt dan itupun juga sangat susah, perlu waktu berbulan-bulan untuk mendapatkannya. Bisa dibandingkan ketika menggunakan meteran 450 watt dan 900 watt dengan jumlah 1350 watt, membayar tiap bulan kurang dari 80 ribu. Tapi ketika memakai listrik prabayar 1300 watt ternyata biaya bisa membengkak menjadi diatas 150 ribu, padahal pemakaian relatif sama. Lalu bagaimana ya caranya kita mengatasi problem ini? karena jujur saja, saya juga biasa menghabiskan cukup banyak pulsa listrik untuk menghidupkan berbagai macam peralatan rumah tangga. Mulai dari lampu, setrika, kulkas, rice cooker, komputer, dan laptop. Apalagi nanti kalau sudah ada mesin cuci kali yah.. duh pusing juga nih sebagai bapak rumah tangga hehe. Cara Menghemat Listrik Rumah Anda, Mungkin terdengar berlebihan, tapi jika tidak mulai dari sekarang kemungkinan pengeluaran anda akan membengkak, Terlebih lagi jika Pemakaian Listrik di rumah anda terlalu boros, Berikut ini tips sederhana  Cara Menghemat Listrik Rumah Anda yang sekiranya dapat menjadi referensi anda dalam menghemat listrik :) :


Hindari menggunakan alat elektronik secara berbarengan. Bila anda menyetrika, jangan hidupkan mesin air, begitu juga sebaliknya. Lakukanlah bergantian untuk alat-alat yang membutuhkan watt besar.

Hemat Listrik Pompa Air
Yang masih menggunakan pompa air tentunya memerlukan listrik, lebih baik gunakan tandon / water toren / reservoir / bak penampungan air untuk menampung air sehingga bisa dipakai sekitar 2-3 hari. Daripada pompa air hidup setiap kita saat kita memerlukan air tentunya lebih boros, karena tarikan awal saat pompa air baru dihidupkan sangat besar.

Hemat Listrik Pemakaian AC/Pendingin Ruangan
Pilih AC sesuai dengan besar ruangan, untuk ruang kecil gunakan saja AC 1/2 PK hemat energi. Untuk kamar kost cukup 1/4 pk. Untuk malam hari gunakan timer/pengatur waktu sehingga ketika ruangan sudah dingin dan udara pagi tidak terlalu panas, AC bisa langsung mati. Selain itu ketika menggunakan AC semua pintu dan jendela harus ditutup rapat agar udara di dalam lebih cepat dingin. Jangan lupa untuk membersihkan AC indoor dan outdoor secara berkala minimal 3 bulan sekali, agar udara yang kotor tidak mengendap. Jika dimungkinkan sebaikan gunakan kipas angin sebagai pendingin ruangan daripada AC, karena pemakaian konsumsi listrik AC (Air Conditioner) sangat besar. Gunakan mode SMART SAVER pada tombol remote AC anda untuk secara otomatis menghemat biaya listrik AC menjadi minimal.

Hemat Listrik Lampu Penerangan
Gunakan lampu penerangan ber-daya rendah pada area di rumah anda yang tidak membutuhkan sinar terlalu terang, penggunaan daya lampu berpengaruh pada konsumsi energi listrik, jadi jangan buang energi yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Jika ada ruang yang tidak cukup cahaya dan memerlukan penerangan lampu, ini perlu dibenahi. Bisa dengan cara melubangi langit-langit dan mengganti genteng dengan genteng transparan (genteng kaca atau fiberglass) agar cahaya matahari bisa langsung masuk. Ruangan pun tidak menjadi lembab dan listrik bisa dihemat. Lebih baik gunakan lampu neon dengan soket (fitting) ulir, atau gunakan lampu LED, jenis LED memang masih mahal tapi penerangannya pun tidak kalah dengan lampu pijar biasa dan matikan lampu jika memang tidak diperlukan. Gunakan seperlunya saja. Untuk ruangan yang perlunya sekedar terang saja, bisa dipasang lampu neon fitting ulir merek Phillips terkecil yakni ukuran 3 Watt. Saat pagi hingga siang hari maksimalkan penerangan rumah anda dengan cahaya matahari, Matikan lampu-lampu yang masih hidup dan buka jendela ventilasi udara agar cahaya matahari bisa dengan leluasa masuk ke rumah anda menjadi penerangan gratis,  terkecuali jika cuaca mendung. Ganti lampu pijar dengan lampu neon. Efisiensi lampu pijar lebih rendah daripada lampu neon. Lampu pijar banyak mengkonsumsi listrik namun banyak pula efek panas yang ia hasilkan. Jadi, sebenarnya lampu pijar tidak begitu terang namun memakan listrik banyak. Lampu neon lebih sedikit mengkonsumsi listrik, namun orang sering terganggu dengan getaran sinarnya. Alhamdulillah, saat ini sudah diproduksi lampu neon dengan tabung yang bersebelahan sehingga getaran yang keluar dari masing-masing tabung saling meniadakan. Walhasil, lampu neon baru ini tidak menghasilkan getaran sinar yang dulu dikeluhkan. Lampu neon yang seperti ini biasa dipromosikan sebagai lampu hemat energi. Lebih baik menggunakan satu lampu besar penerang ruangan daripada menggunakan banyak lampu untuk menerangi ruangan.


Hemat Listrik Setrika Pakaian
Ini juga menjadi masalah borosnya listrik. Sering sekali kita menyetrika hanya 1-2 helai baju saja, padahal ini sangat boros listrik karena setiap kali menyetrika memerlukan daya yang lumayan besar untuk memanaskan elemennya. Lebih baik menyetrika baju seminggu sekali agar lebih hemat. Untuk kaos-kaos oblong yang dipakai di rumah saja, tak perlu disetrika. Setrikalah pakaian secara sekaligus. Artinya, jangan memakai setrika listrik secara sering namun pakaian yang disetrika cuma sedikit. Pakailah setrika listrik secara kadang-kadang saja namun dengan setrikaan yang banyak. Karena proses pemanasan setrika memakan daya listrik yang banyak. Jika sering digunakan tentu daya listrik juga sering terkonsumsi. Mau hemat biaya listrik setrikaan lagi? Ya gak usah nyetrika atau pakai setrikaan jadul yang model pakai arang hahaha.

Hemat Listrik Mesin Cuci Pakaian
Jadwalkan pencucian pakaian yang menggunakan mesin cuci maksimal 2x seminggu. Jangan sampai kita mencuci baju yang hanya sedikit, kurang dari daya tampung maksimal mesin cuci. Selain boros sabun cuci, juga boros tarikan listrik mesin cucinya. Kecuali jika anda hanya mempunyai persediaan pakaian yang sangat sedikit, tentunya anda harus mencuci sering-sering. Bila sedang tidak digunakan, isilah bak pakaian di mesin cuci dengan air yang cukup untuk 1 x merendam air pada periode pencucian berikutnya. Alasannya adalah untuk tambahan penampungan air dan menghemat listrik, karena pada periode berikutnya anda tidak perlu lagi menghidupkan pompa air dengan segera hanya untuk merendam pakaian.

Disiplin Mematikan Perangkat Elektronik
Biasakan pula mematikan barang-barang elektronik yang tidak sedang dipakai. Matikan pula lampu yang tidak terpakai. Matikan juga pompa air listrik jika tidak terpakai. Disiplin untuk mematikan lampu saat tidak digunakan atau saat meninggalkan ruangan, sikap teratur dan disiplin dalam mematikan penggunaan lampu penerangan yang tidak digunakan meski sederhana tapi lama-kelamaan dapat membawa pengaruh besar bagi anda dalam penghematan penggunaan listrik. Matikan peralatan elektronik yang sedang stand-by. Pernah kah anda tinggalkan televisi pada posisi televisi dalam keadaan stand-by (sebuah lampu led merah menyala)? Pasti sering kan. Padahal ini menyedot listrik juga setiap bulannya. Lebih baik ketika selesai menonton TV ataupun menggunakan perangkat elektronik seperti DVD player ataupun home theater lebih baik steker dicabut saja. Yang paling sering dilakukan juga adalah charger HP selalu ditancapkan di stop kontak, padahal ini juga membuang-buang listrik walaupun dalam jumlah yang relatif kecil. Selain itu panas yang dihasilkan charger tersebut dapat merusak charger hp itu sendiri. Mengatur Timer (pengatur waktu) televisi pada malam hari agar tv anda tidak terus hidup jika anda tertidur dan lupa mematikan tv. Matikan secara benar-benar mati alat-alat elektronik yang punya modus power on stand by, seperti TV, VCD/DVD player, Monitor komputer dll. Promosinya, alat-alat berstand by power ini lebih menghemat listrik. Kenyataannya malah tidak. Selama dalam keadaan stand by, sebenarnya alat-alat elektronik ini mengkonsumsi listrik juga. Jika setiap waktu alat-alat seperti ini terpasang dalam keadaan stand by, berapa banyak bea listrik yang dikeluarkan? Mulai saat ini, matikan alat-alat tersebut secara benar.

Gunakan Laptop daripada PC
Jika anda sekarang menggunakan desktop PC dan merasa pengeluaran listrik bertambah mungkin bisa diperhitungkan untuk menambah budget untuk menukarnya menjadi laptop. Karena daya listrik yang dihemat jauh berbeda. Laptop hanya membutuhkan listrik DC yang disuplai lewat adaptor sedangkan PC komputer jelas memerlukan listrik AC yang minimal perlu 350 watt. Bayangkan jika anda bekerja 8 jam sehari berapa penghematan yang bisa anda lakukan. Terkecuali jika anda memang sangat memerlukan PC Komputer dan tidak bisa terganti dengan perangkat laptop. Mengatur posisi komputer anda pada posisi Hibernate, Sleep atau Standby jika anda sedang meninggalkan ruangan kerja atau komputer anda untuk beberapa saat, Untuk mengatur komputer dalam posisi Hibernate atau Standby silahkan klik Start-Turn Off Computer - Pilih Hibernate atau Standby. Demikian pula set diplay monitor anda automatic off pada saat tidak digunakan selama 2 menit (idle). Minimal tampilkan saja layar hitam total, atau sekalian saja matikan monitor pc anda.

Tanam pohon di halaman rumah
Sepertinya aneh ya? Tapi ini menjadi salah satu solusi menghemat listrik untuk poin 2 agar tidak terlalu tergantung dengan pendingin ruangan. Rumah pun menjadi lebih sejuk dengan pohon yang rindang. Sirkulasi udara pun lebih cepat ditukar karena pepohonan bisa menyerap gas beracun dari asap kendaraan. Menanam pohon dan tanaman disekitar perkarangan rumah untuk menciptakan iklim sejuk, dengan iklim yang sejuk Anda akan terbiasa mengurangi pemakaian penyekuk udara seperti kipas angin dan AC.

Hemat Listrik Kulkas
Kulkas atau lemari es teknologi sekarang sudah hemat energi tapi ada beberapa tips agar lebih hemat listrik. Bersihkan seminggu sekali dan jangan menaruh barang-barang terlalu banyak sehingga waktu untuk mendinginkan lebih sedikit. Selain itu jangan langsung menaruh makanan ataupun minuman yang masih panas ke dalam lemari es. Jangan menaruh lemari es dimana tersorot matahari langsung dan berikan jarak sekitar 15-20 cm dari tembok agar sirkulasi udara lebih baik. Tempatkan bagian belakang kulkas agak jauh dengan dinding, minimal 15 cm. Semakin dekat dengan dinding, kulkas akan semakin aktif melakukan pendiningan. Proses pendinginan kulkas memakan daya listrik. Juga, jangan sering membuka pintu kulkas, membuka pintu kulkas dalam waktu lama berarti menambah tarikan listrik.

Hemat Listrik Dispenser/Heater/Microwave
Jika menggunakan Dispenser atau Water Heater sebaiknya biasakan dicabut dayanya jika sedang tidak digunakan. Pemanas akan memakan energi listrik yang lumayan besar. Cukup miliki satu Water Dispenser saja untuk seluruh rumah. Jika anda menggunakan microwave. sebaiknya Masak atau panaskan beberapa makanan sekaligus untuk menghemat energi listrik.

Cara Lain yang agak membahayakan untuk menghemat biaya listrik pulsa prabayar
Salah satu tukang instalasi listrik menuliskan adanya teknik hacking meteran listrik prabayar. Tentunya teknik ini tidak bisa dijamin 100% hasilnya, namun bisa menjadi salah satu faktor penghemat biaya listrik bulanan anda. Teknik hacking listrik prabayar ini mengambil dasar dari teknik cara memasang box sekering prabayar. Pada cara pemasangan box sekering listrik prabayar, anda melihat ada 3 kabel yang masuk pada box sekering. Kalau anda sudah betul-betul paham cara pemsangannya, lihat pada kabel yang berwarna kuning atau loreng yang berhubungan dengan grounding. Silahkan
anda lepas beserta kawat kuningan yang ada pada teminal. Silahkan lepaskan kawat kuningan tersebut dan silahkan sambung lagi kabel yang berwarna kuning tadi. Mengapa kawat kuningan kita lepas ? Karena prisipnya KWH meter atau Meteran prabayar sensitif sekali dengan adanya pembumian atau grounding. Kalau anda belum percaya, silahkan tambahkan lagi kawat kuningan pembumian atau grounding maka meteran prabayar akan menampilkan tulisan PERIKSA.

Nah, demikianlah beberapa tips dalam menghemat pemakaian listrik. Memang terkadang kita sering lupa, namun dengan sedikit-sedikit kita menghemat tentunya akan mengurangi jumlah pemakain listrik kita. Semoga bermanfaat :)

harga jasa listrik, jasa instalasi listrik, jasa listrik, jasa listrik serpong, pemborong listrik serpong
tukang listrik serpong, jasa service dan instalasi listrik, jasa listrik, jasa service dan cek korsleting, menghemat listrik, tukang listrik daerah, alat hemat listrik prabayar, alat penghemat listrik prabayar, alat penghemat listrik pulsa, alat untuk menghemat listrik prabayar, beda listrik prabayar dan pascabayar, boros listrik, cara agar listrik pulsa tidak boros, cara agar pulsa listrik tidak cepat habis, cara bobol pulsa listrik, cara ganti meteran listrik prabayar, cara hack listrik prabayar, cara hack listrik pulsa, cara hack listrik token, cara hack meteran listrik, cara hack meteran listrik digital, cara hack meteran listrik pasca bayar, cara hack meteran listrik prabayar, cara hack meteran listrik pulsa, cara hack meteran listrik token, cara hack pulsa listrik, cara hack pulsa listrik gratis, cara hack pulsa listrik prabayar, cara hack pulsa listrik token, cara hack token listrik, cara hemat listrik, cara hemat listrik prabayar, cara hemat listrik pulsa, cara hemat listrik token, cara hemat pemakaian listrik, cara hemat pulsa listrik, cara hemat pulsa token, cara hemat token listrik, cara instalasi listrik prabayar, cara irit listrik, cara irit listrik prabayar, cara irit listrik pulsa, cara irit pulsa listrik, cara isi pulsa listrik gratis, cara melambatkan meteran listrik, cara memasang listrik pulsa, cara memasang meteran listrik pulsa, cara membobol listrik prabayar, cara membobol pulsa listrik, cara membuat alat penghemat listrik prabayar, cara membuat irit listrik token, cara memperirit pulsa listrik, cara memperlambat meteran listrik prabayar, cara memperlambat meteran listrik pulsa, cara memperlambat meteran listrik token, cara mencuri pulsa listrik token, cara mengakali listrik prabayar supaya hemat, cara mengakali listrik pulsa, cara mengakali meteran listrik pasca bayar, cara mengakali meteran listrik prabayar, cara mengakali meteran listrik pulsa, cara mengakali meteran listrik voucher, cara mengakali pulsa listrik prabayar agar irit, cara mengganti meteran listrik ke prabayar, cara mengganti meteran listrik ke pulsa, cara menghemat listrik, cara menghemat listrik elektrik, cara menghemat listrik pasca bayar, cara menghemat listrik pln, cara menghemat listrik pra bayar, cara menghemat listrik prabayar, cara menghemat listrik pulsa, cara menghemat listrik pulsa token, cara menghemat listrik sistem pulsa, cara menghemat listrik token, cara menghemat listrik voucher, cara menghemat pemakaian listrik prabayar, cara menghemat pemakaian listrik pulsa, cara menghemat pemakaian listrik token, cara menghemat pemakaian pulsa listrik, cara menghemat pulsa listrik, cara menghemat pulsa listrik elektrik, cara menghemat pulsa listrik pln, cara menghemat pulsa listrik prabayar, cara menghemat pulsa listrik token, cara menghemat pulsa pln, cara menghemat pulsa token listrik, cara menghemat tagihan listrik, cara menghemat token listrik, cara menghidupkan lampu tanpa listrik, cara mengirit pulsa listrik, cara mengiritkan listrik pulsa, cara mengiritkan meteran listrik pulsa, cara setting meteran listrik prabayar agar irit pulsa, cara setting meteran listrik prabayar biar irit, cara setting meteran listrik pulsa, cara setting meteran listrik pulsa agar hemat, cara setting pulsa listrik biar irit, cara setting token listrik, cara setting token listrik biar irit, cara transfer pulsa listrik dari meteran ke meteran, ganti listrik prabayar ke pascabayar, hack listrik prabayar, hack listrik pulsa, hack meteran listrik, hack meteran listrik prabayar, hack meteran listrik pulsa, hack meteran listrik token, hack pulsa listrik, hack pulsa pln, hemat listrik, hemat listrik prabayar, hemat listrik prabayar atau pascabayar, hemat mana listrik prabayar dengan pascabayar, irit listrik, kenapa listrik prabayar boros, kenapa listrik token boros, kenapa pulsa listrik boros, kode hemat listrik prabayar, kode menghemat token listrik, kode rahasia menghemat listrik prabayar, kwh prabayar boros, lebih hemat listrik prabayar atau pascabayar, lebih murah listrik prabayar atau pascabayar, listrik boros, listrik elektrik boros, listrik hemat, listrik pintar boros, listrik pintar lebih hemat, listrik prabayar boros, listrik prabayar lebih boros, listrik pulsa boros, listrik pulsa lebih boros, listrik pulsa lebih mahal, listrik pulsa vs listrik biasa, listrik token boros, listrik token lebih boros, listrik voucher lebih boros, memperlambat meteran listrik prabayar, mengakali listrik prabayar, mengakali meteran air, mengakali meteran listrik pulsa, menghemat listrik prabayar, menghemat listrik pulsa, menghemat listrik token, menghemat pulsa listrik, merubah listrik prabayar ke pascabayar, meteran listrik lama, meteran listrik pasca bayar, meteran listrik prabayar, meteran listrik prabayar boros, meteran listrik pulsa boros, penghemat listrik prabayar, penghemat listrik pulsa, penghemat listrik token, penghemat pulsa listrik, perbedaan listrik prabayar dan pascabayar, perbedaan listrik prabayar dengan pascabayar, perbedaan listrik pulsa dan biasa, pulsa listrik boros, pulsa listrik gratis, pulsa listrik prabayar boros, setting meteran listrik prabayar, solusi hemat listrik, tarif listrik prabayar vs pascabayar, teknik hacking listrik prabayar, tips hemat listrik, tips hemat listrik prabayar, tips hemat listrik token, tips menghemat listrik, tips menghemat listrik prabayar, tips menghemat listrik pulsa, trik hemat listrik, trik hemat listrik prabayar, trik hemat pulsa listrik, trik listrik, trik listrik pulsa, trik menghemat listrik, trik menghemat listrik prabayar, trik menghemat pulsa listrik, trik pulsa listrik

ShowHideComments