Wujud Pulsa, Cara Operator Membuat Pulsa



Bagaimana terciptanya pulsa dan terbuat dari apa ?



Pulsa itu ya terbuat dari uang yang kita bayarkan. Pulsa itu cuman mekanisme sistem pra-bayar.
Pulsa, atau saldo pada ponsel yang digunakan untuk melakukan pembelian layanan telekomunikasi, merupakan hal yang sangat umum dan biasa digunakan oleh banyak orang. Namun, mungkin belum banyak orang yang tahu bagaimana pulsa diciptakan dan terbuat dari apa. Pulsa tercipta melalui sistem pra-bayar, yang memungkinkan pengguna untuk membayar terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan telekomunikasi. Sebelum adanya sistem pra-bayar, telepon umum menjadi satu-satunya cara bagi kebanyakan orang untuk menggunakan telepon, karena memasang kabel telepon ke rumah tidak mudah dan tidak semua orang bisa. Metode pembayaran untuk jasa telepon rumah masih sama seperti sekarang, yaitu bentuk tagihan bulanan yang menagih penggunaan bulan sebelumnya, atau dalam bahasa tukang pulsa disebut pasca-bayar.

Pada awalnya, perusahaan-perusahaan telekomunikasi swasta di Amerika dan Eropa menggunakan skor kredit atau riwayat bank sebagai basis pemasangan telepon rumah, sehingga prinsip pendaftaran dan persetujuan pemasangannya tidak jauh beda dengan proses mengajukan pinjaman ke bank. Namun, banyak masyarakat yang tidak memiliki telepon rumah, sehingga kotak telepon umum pun masih menjamur.

Sebuah kelompok insinyur Amerika kemudian mencoba menemukan cara agar masyarakat yang tidak tersentuh pasar dapat menikmati jaringan telepon dengan lebih mudah, dan perusahaan tidak perlu mendirikan kotak telepon umum, karena semuanya diotomatisasi per jaringan/operator. Akhirnya, mereka menemukan sistem otomatisasi pembayaran telepon (sistem pra-bayar) yang diajukan patennya tahun 1990 dan 1992 atas nama insinyur Amerika Arlene Harris.

Dalam sistem pra-bayar ini, operator tidak perlu menghitung tagihan pada akhir bulan karena algoritma/sistem sudah akan menghitung. Tarif yang dikenakan pada layanan telekomunikasi bisa berbeda-beda tergantung pada operator dan jaringan yang digunakan. Pengguna cukup mengurangi tarif dari saldo pulsa yang dimilikinya. Konsekuensinya, orang tidak perlu lagi menggunakan sistem pasca-bayar untuk bisa mengakses layanan telepon.

Penemuan sistem pra-bayar ini kemudian membuat perkembangan pembuatan ponsel tumbuh pesat menjadi pasar massal untuk kebanyakan masyarakat di akhir tahun 1990-an hingga awal 2000-an. Dalam sejarah ini, terlihat bahwa pulsa diciptakan melalui sistem pra-bayar, yang awalnya dibuat untuk mempermudah akses telepon bagi masyarakat yang tidak memiliki telepon rumah. Pulsa juga tidak terbuat dari bahan atau barang tertentu, melainkan hanya merupakan mekanisme pembayaran layanan telekomunikasi yang diakses oleh banyak orang di seluruh dunia.

















Gambaran sistem otomatisasi pembayaran telepon di salah satu paten Amerika tersebut (US Patent 5148472)



Begitu lah sejarah "terciptanya" sistem pra-bayar. Nah duit yang kita bayarkan sebagai saldo yang secara otomatis dibayarkan ke operator itu lah "Pulsa".

ShowHideComments